Home » » Memahami Fasilitas - Fasilitas di Blogger

Memahami Fasilitas - Fasilitas di Blogger


Untuk kalian pemula wajar lahh tidak tau / masih bingung dengan fasilitas - fasilitas yang dimiliki Blogspot. Seperti orang yang baru pindah kerja yang tidak tau ruangan - ruangan kerjanya. Ada 8 fasilitas utama yang harus kalian ketahui. Yang dapat kalian pakai untuk membuat posting, mengedit template, mengatur tata letak widget dll.

Ke-8 Fasilitas utama tersebut yakni Ikhtisar, Post, Laman, Komentar, Statistik, Tata Letak, Template, Setelan yang dapat dijelaskan sebagai berikut:





1. Ikhtisar
Disini sobat dapat melihat jumlah komentar yang belum di moderasi, jumlah komentar yang diterbitkan, jumlah post yang diterbitkan, berita - berita baru blogspot dll

2. Post
Istilah post merupakan sebuah tulisan kita/bisa juga disebut dengan Entri, disini sobat bisa mengedit, menerbitkan post - post blog sobat.

3. Laman
Disini sobat dapat membuat, mengedit Laman. Laman yang artinya halaman statis.

4. Komentar
Disini sobat dapat melihat komentar - komentar pengunjung sobat terdapat 2 submenu yaitu:
  • Diterbitkan: komentar pengunjung yang diterbitkan
  • Spam: komentar pengunjung yang di sembunyikan karena ada yang melapor karena merasa tidak terima (dihina) atau tidak sesuai dengan peraturan komentar sobat

5. Statistik
Tempat dimana  sobat  bisa melihat berapa pengunjung blog  sobat  4 submenu yaitu:
  • Overview: grafik pengunjung  sobat
  • Posts: Post yang sering dilihat
  • Traffic Sources: disini  sobat  dapat melihat pengunjung datang dari mana
  • Audience: tempat untuk melihat asal pengunjung  sobat  

6. Tata Letak
Tempat dimana  sobat  dapat mengubah letak - letak widget

7. Template
Tempat dimana sobat dapat mengutak - atik Template blogger sobat. Sobat dapat mengubah template custom atau template official blogger.

8. Setelan
Menu ini merupakan menu dimana semua settingan blog sobat seperti Nama Blog, alamat blog, jumlah postingan dll disini terdapat 9 sub menu yaitu:
  • Dasar: ini merupakan pengaturan dasar untuk menentukan link, pencarian searh engine Google, email, dan lain sebagainya dalam blog.
  • Penerbitan: ini merupakan sub fasilitas Settings yang menginformasikan tentang domain atau daerah publikasi blog sobat. Secara default, blog sobat terpublikasikan dalam domain blogspot.com. jika sobat menghendaki domain lain untuk mempublikasikan blog sobat, maka sobat bisa menggunakan Custom domain. dengan custom domain, sobat bisa memciptakan domain untuk alamat blog sobat sendiri. namun penggunaan Custom domain ini tidak lah gratis seprti domain blogspot.com. sobat diwajibkan untuk membeli dan mendaftarkan domain sobat tersebut ke Google partner yang ketentuannya dapat sobat lihat dengan meng-klik link Custom Domain dan konten sub fasilitas publishing.
  • Format: merupakan pengaturan untuk menentukan jumlah post yang ditampilkan dalam blog, tanggal, index, arsip, dan lain sebagainya.
  • Komentar: merupakan subfasilitas untuk mengatur setiap komentar yang masuk ke dalam blog sobat. Pada subfasilitas ini, sobat bisa mengatur siapa saja orang yang bisa memberikan komentar pada blog sobat dengan menampilkan profil dari orang yang memberikan komentar, dan lain sebagainya.
  • Arsipkan: merupakan subfasilitas untuk mengatur frekuensi pengarsipan post-post yang sobat publikasikan jika sobat aktif menulis dan menerbitkan post ke dalam blog sobat, maka sobat perlu melakukan pengaturan pada subfasilitas ini agar post-post yang sobat publikasikan dapat terkelompokkan atau tertata dengan baik.
  • Feed Situs: merupakan subfasilitas yang berfungsi sebagai mesin pembaca dalam blog  sobat  yang bisa mengambil informasi yang  sobat  butuhkan dari website atau situs lain.
  • Email & Selluler: merupakan subfasilitas yang digunakan untuk membuat post malalui email. untuk melakukan hal tersebut, terlebih dahulu  sobat  harus mengatur alamat Mail-to-Blogger sehingga post yang  sobat  buat via email dapat terpublikasi dalam blog  sobat  dan mengedit tampilan blog  sobat  ketika di buka di handphone
  • OpenID: merupakan sub fasilitas yang digunakan untuk mengatur identitas orang-orang yang memberikan komentar pada blog  sobat .
  • Izin: merupakan subfasilitas yang berfungsi untuk mengatur atau menentukan siapa saja yang bisa menjadi penulis dan pembaca blog sobat

Semoga Bermanfaat
 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.